SAP#3 Ruang lingkup sosiologi antropologi

Pertemuan #3

A. Sosiologi
Ruang Lingkup Sosiologi Pendidikan
Penelitian dan analisis terhadap sistem pendidikan berdasarkan keduanya, tentunya sudah bisa dikuatkan antar ruang lingkup sosiologi pendidikan. Karena minat dan pengalaman, ruang lingkup yang diajukan ini terbatas pada wilayah analisis seputar sistem pendidikan formal. Dalam hubungan ini, Nasution (2004:6-7), mengemukakan ruang lingkup sosiologi pendidikan meliputi pokok-pokok berikut ini:
a. hubungan sistem pendidikan dengan aspek-aspek lain dalam masyarakat
1) hubungan pendidikan dengan sistem sosial atau struktur sosial
2) hubungan antara sistem pendidikan dengan proses kontrol sosial dan sistem kekuasaan
3) fungsi pendidikan dalam kebudayaan
4) fungsi sistem pendidikan dalam proses perubahan sosial dan kultural atau usaha mempertahankan status quo, dan fungsi sistem pendidikan formal bertalian dengan kelompok rasial, kultural dan sebagainya

b. hubugan antar manusia di dalam Sekolah
1) hakikat kebudayaan Sekolah sejauh ada perbeadaanya dengan kebudayaan diluar sekolah
2) pola interaksi sosial dan stuktur masyarakat Sekolah, yang antara lain meliputi berbagai hubungan kekuasaan, stratifikasi sosial dan pola kepemimpinan informal sebagai terdapat dalam clique serta kelompok-kelompok murid lainnya

c. pengaruh Sekolah terhadap perilaku dan kepribadian semua pihak disekolah / lembaga pendidikan
1) peranan sosial guru-guru / tenaga pendidikan
2) hakikat kepribadian guru / tenaga pendidikan
3) pengaruh kepribadian guru / tenaga kependidikan terhadap kelakuan anak / peserta didik, dan
4) fungsi Sekolah / lembaga pendidikan dalam sosial murid / peserta didik.

d. hubungan lembaga pendidikan dalam masyarakat 
1) Pengaruh masyakarat atas organisasi Sekolah /lembaga pendidikan
2) Analisis proses pendidikan yang terdapat dalam sistematis sosial dalam masyarakat luar sekolah.
3) Hubungan antara Sekolah dan masyarakat pendidikan dan
4) Faktor-faktor demografi dan ekologi dalam masyarakat yang berkaitan dengan organisasi Sekolah, yang perlu untuk memahami sistem pendidikan dalam masyarakat serta integrasinya di dalam kehidupan masyarakat.

Ruang lingkup sosiologi pendidikan tersebut pada dasarnta untuk mempererat dan meningkatkan tujuan pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, sosiologi pendidikan tidak akan keluar dari upaya-upaya agar pencapaian tujuan dan fungsi pendidikan tercapai menurut pendidikan itu sendiri.

B. Antropologi
Ruang Lingkup Antropologi Pendidikan : Ralphlinton dalam Shomad (2009:3) menganggap kebudayaan adalah warisan sosial. Warisan sosial tersebut mempunyai dua fungsi. Pertama, fungsi bagi penyesuaian diri dengan masyarakat. Kedua, fungsi bagi penyesuaian diri dengan lingkungan. Lebih lanjut, Shomad (2009:3-4), menjelaskan implementasi pendidikan sebagai penyesuaian diri dengan masyarakat, lingkungan dan kebudayaan sebagai bentuk ruang lingkup antroplogi pendidikan berlangsung dalam proses:
a. Proses sosialisasi:
Proses ini dimulai sejak bayi baru lahir. Bayi berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya, hingga terjadi komunikasi timbal balik dan seterusnya hingga ia tumbuh dan berkembang.
Adapun yang menjadi sorotan dalam proses sosialisasi yaitu
1) adanya konflik oleh ketidakharmonisan antara keinginan pribadi, anak dengan tuntutan norma dan aturan yang berlaku
2) perbedaan status ekonomi dan letak geografis

b. Proses Enkulturasi
Enkulturasi, artinya pembudayaan. Yang dimaksud adalah proses pembudayaan anak agar menjadi manusia berbudaya. Dalam proses ini pranata, yaitu sistem norma atau aturan-aturan mengenai suatu aktivitas masyarakat yang khusus. (Koentjaraningrat,1980:164). Adapun yang biasa menjadi kajian dalam proses ini, yaitu:
1. Perbedaan jenis kelamin
2. Perbedaan umur
3. Perbedaan/perubahan status (inisiasi)

c. Proses Internalisasi
Proses internalisasi yaitu proses penerimaan dan menjadikan warisan sosial (pengetahuan budaya) sebagai isi kepribadian yang dinyatakan dalam perilaku sehari-hari selama hayat masih dikandung badan. Dalam proses ini kita mendapatkan adanya perbedaan pada masing-masing individu berupa perbedaan kepribadian dan pengalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar